Awal Mula Belajar Ngoding — Bagian 2

Desember 04, 2023
eat sleep code

Melanjutkan bagian pertama tentang kenalan sama istilah ngoding, sekarang mau aku ceritain awal mula aku belajar ngoding.

Aku Lulusan SMA

Yang pertama dan paling utama, aku lulusan SMA dan belum pernah dapat pelajaran “ngoding” atau sejenisnya. Jadi apakah aku belajar dari nol? TENTU SAJA!

Awal masuk kuliah Teknik Informatika, aku masih belum tau apapun sama istilah istilah ngoding. Untungnya, dulu semester awal masih mata kuliah yang dasar-dasar, kayak Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, Agama, PKn, dan serba-serbi lainnya.

Namun setelah menginjak semester selanjutnya, yeay! Yang ada di kepalaku, “Apa ini?”, “Maksudnya?”, “Ini buat apaan sih?”, “Ini fungsinya apa? Kenapa belajar ginian? Emang implementasinya gimana?”

Dan macam-macam hal yang susah buat dipahami.

Sambil terus ngikutin mata kuliah, kepalaku tambah penuh. Bahkan teman-teman ada yang mulai bilang salah jurusan. Ada juga yang akhirnya keluar… daftar SBMPTN lagi… dll.

pria mengoperasikan laptop
Photo by Tim Gouw on Unsplash

Setelah Mencoba Bertahan dan Mengikuti Meski Perlahan

Aku mulai bisa liat. Mana yang ngerjain tugas sendiri. Mana yang beneran bisa ngoding. Dan mana yang cuma nyari nilai.

Aku sendiri dulu cukup iri sama anak-anak lulusan SMK yang udah punya dasar pemrograman. Karena gak semua hal langsung bisa aku pahami (sedangkan mereka, bahkan udah tau apa yang lagi dibahas).

Tapi perlahan-lahan … aku mulai paham seiring makin banyak tugas yang aku kerjain sendiri.

Aku kasih bold karena memang itu ngaruh banget. Bukan buat nyari nilai bagus, tapi gimana caranya kita bisa ngerjain sendiri tugas-tugas itu. Apalagi zaman sekarang yang sudah populer AI serba bisa. Tinggal tanya Chat GPT, tugas bisa langsung kelar. Tapi emang dengan begitu, kamu bakal paham? Bisa? Nilai bagus iya, tapi ilmunya enggak ada. Jujur aja, iya kan? Kamu juga sadar itu kan?

Kalo emang niat pengen belajar ngoding, sering latihan!

Kalo masih kuliah, berarti caranya dengan ngerjain tugas sendiri, bukan sekadar ngikutin tutorial atau tanya Chat GPT, atau download source code di Github. Stop! Kerjain sendiri! Nilai yang kamu dapat itu gak penting setelah kamu lulus.

Kebanyakan lowongan kerja IT yang ngoding itu ada tes tersendiri buat ngecek kamu beneran bisa ngoding atau gak. Jadi, meski nilaimu bagus, kalo gak bisa melewati tes itu ya bakal susah.

Coba dipikir waktu ke depannya. Apa yang mau kamu lakukan dengan bekal ITmu itu?

tulisan think
Photo by Glen Carrie on Unsplash

Membangun Pola Pikir

Nonton atau baca tutorial gak masalah, tapi jangan jadikan produk ngikutin tutorial sebagai hasil tugasmu. Modifikasi! Kalau sempat, coba buat ulang tanpa liat tutorialnya, tapi liat dokumentasinya.

Ada 2 kondisi yang aku pikir bisa mewakili untuk kamu yang lagi atau mau belajar ngoding.

Kondisi 1:

Sering-sering penasaran, “Gimana kalo ininya diginiin?”, “kalo ditambah ini bisa gak sih?”, “Misal datanya kayak gini, kondisinya begini, jadi gimana ya?”

Kalo kamu udah sampai di titik mengajukan pertanyaan-pertanyaan semacam itu waktu belajar ngoding, selamat… kamu cocok buat belajar lebih lanjut. Karena itu adalah pola pikir yang dibutuhkan buat belajar ngoding.

Kodisi 2:

Munculnya malah pertanyaan semacam ini, “Ini kenapa error?”, “Susah banget sih, ini emang bakal kepake di industri, ya?”, “Aku kayaknya salah jurusan deh.”, “Ngoding lagi? Boden banget dah.”

Aku gak bilang kamu gak cocok buat belajar ngoding, tapi mungkin kamu perlu memikirkan lagi apa yang kamu mau di masa depan. Entah cita-cita atau sesuatu yang kamu sukai dan kamu mau. Karena kalau kamu bisa dapat jawaban dari pertanyaan Kondisi 2, aku bisa jamin kamu sekarang udah bisa ngoding atau meninggalkan ngoding.

Sebenarnya semakin banyak error yang kamu temukan beserta solusinya, jelas makin berpengalaman kamu. Dan itu adalah hal yang sangat dibutuhkan selama belajar ngoding.

pria menjelaskan ngoding
Photo by Mr. Bochelly on Unsplash

Jangan Kira Bisa Aja Udah Cukup*

Aku gak mau nakut-nakuti, tapi kalo misal, saat ini kamu udah jago di satu bahasa atau framework, bukan berarti udah gaada lagi yang perlu dipelajari. Inilah bedanya tukang ngoding dengan bidang lain. Perubahan teknologi itu sangat cepat. Jadi harus selalu update dan ngikuti kondisi terbaru apa yang kita kuasai/fokuskan (*).

Karena kalo enggak, kamu bakal ketinggalan. Bahkan bisa lebih susah buat bersaing sama anak baru yang rajin/udah belajar teknologi terbaru.

Kalo sekarang kamu expert dengan teknologi terbaru, bisa jadi satu dua tahun kamu bakal dibilang kolot karena gamau belajar teknologi yang lebih baru (meskipun bahasa/frameworknya masih sama). Kurang lebih, secepat itulah perkembangan dan beban belajar yang harus kita lalui.

Aku cerita gini supaya kamu dapat gambaran yang cukup jauh, ngoding itu ngapain sih. Kalo sederhananya sih belajar. Siklusnya: belajar — praktik — penasaran — bosen — muak karena error— belajar lagi— praktik lagi — nemu error lagi — muak lagi — dan seterusnya, berulang terus-menerus sampai akhirnya kamu sadar kalo kamu udah tua.

Maaf, kenyataan memang begitu.

Jadi, di sela-sela kesibukanmu menjadi tukang ngoding, tolong sempatkan untuk berkomedi, olahraga, makan teratur, istirahat cukup, dan cuek/bodo amat. Aku takut kamu kena tifus, gerd, atau insomnia.

Tapi Bisa Satu Aja Ternyata Cukup, Kok**

Tadi aku bahas bisa aja gak cukup, terkait dengan perkembangan teknologi yang cepat. Sekarang aku bahas dari sisi hal yang perlu dikuasai (**).

Kalo masih baru, biasanya kita sering terbuai, mana sih yang harus dipelajari? Framework ini lagi populer banget loh. Bahasa ini bisa bikin ngoding tambah simpel dan cepet. Tapi bahasa ini justru bisa buat ngolah ini itu lebih cepat. Dan teknologi ini bakal ngubah keadaan internet saat ini. Dan bla bla bla …

Kalo ngomongin teknologi, emang gak bakal ada abisnya. Makanya aku bilang satu aja udah cukup.

Yang penting, satu yang kamu pelajari itu udah bisa buat bikin produk yang memuaskan/ yang kamu inginkan. Bukan cuma belajar ini itu, berteori ini itu, tapi belum pernah ada hasilnya. Produknya cuma ada di angan-angan, gak pernah terealisasikan. Jangan malah kayak perasaanmu ke dia, yang cuma di pikiran karena gak pernah diungkapkan, tau-tau kecewa karena dia pergi dan gak mungkin lagi kamu miliki. Ups.

Makanya: PILIH SALAH SATU DULU. MAU BELAJAR APA? UDAH. SETELAH DITENTUIN, JANGAN BERUBAH SEBELUM KAMU BISA BIKIN SESUATU YANG KAMU INGINKAN DENGAN ITU (Kalo kamu cuma mau bikin CRUD, berarti kamu harus segera move on dan cari pilihan lain).

Jangan kebiasaan serakah. Kamu perlu waktu buat mendalami itu, sama kayak kamu perlu waktu buat dewasa dan menerima pilihannya pergi meninggalkanmu. Atau kamu gak rela karena masih mau main-main aja? Hei! Kamu itu semakin menua!

tulisan what is your story
Photo by Etienne Girardet on Unsplash

Sekarang, Lanjut Ceritaku

Lulus SMA, aku masuk S1 Teknik Informatika. Kebiasaanku sejak SMA gak hilang gitu aja, kayak nulis fiksi, baca cerpen, baca komik, dengerin musik, dan lain-lain. Tambahannya, sekarang aku juga nulis kodingan.

Awalnya aku belajar dasar pemrograman. Dulu belajar ngoding langsung pakai C++ di kuliah. Dengan bahasa itu, aku belajar cara membuat pengkondisian IF ELSE. Atau perulangan FOR dan WHILE. Aku juga mulai kenal VARIABLE yang bisa diisi TIPE DATA beda beda, kayak INTEGER, STRING, ARRAY, dan tipe data lainnya.

Dasar dasar ini mungkin bakal bikin kamu frsutasi kalo belum pernah tau sebelumnya, atau mungkin aku aja yang terlalu goblok yak. Tapi setelah satu dua kali coba dan paham penggunaannya, itu hal yang sederhana.

Mungkin kamu juga bakal frustasi buat bikin segitiga pake bintang-bintang, misal kayak gini:

Pattern belajar pemrograman
Pattern Programs in C — GeeksforGeeks

Pusing gak pusing tuh. Tapi percayalah, ternyata basic-basic ini beneran akan berguna untuk belajar bahasa pemrograman. Belajar jadi tukang ngoding.

Setelah itu, aku mulai tertarik buat belajar mobile apps pakai Android Studio (java). Tapi ternyata laptopku menjerit-jerit, jadi akhirnya aku stop setelah kenal web programming.

Di web programming, aku belajar CSS murni dan Bootstrap. HTML dasar. Dan bahasanya PHP. PHP native dong tentunya. Sejak ini aku mulai ngerjain semua tugas-tugas kuliah dengan PHP. Pokoknya ketika hal itu memang memungkinkan, aku kerjain pake PHP. Dan sejauh itu, aku rasa hampir semuanya bisa kok dikerjain pake PHP. Dan aku juga mulai terbiasa dengan manipulasi pengkondisian, if bersarang, perulangan berkondisi atau bersarang, dan sebagainya yang butuh ketelitian dan trial and error.

Setelah itu, aku kenal Basis Data atau lebih akrabnya disebut Database. Inget banget dulu materi paling inti ya ada di normalisasi karena kita pakenya database relasional. Waktu itu belajar MySql.

Jadi kenal gimana pake phpmyadmin dan database manager.

Sejak tau keduanya, aku mulai coba bikin aplikasi aplikasi pake PHP Native, Bootstrap, dan MySQL. Tugas tugas kuliah juga mulai aku implementasikan ke sana.

Dan di ujung perjalanan menggunakan PHP Native, aku mulai nerima tawaran job yang gak seberapa tapi aku itung sebagai “sambil belajar

Setelah itu, aku mulai kenal framework. Awalnya coba CI, karena lebih kecil dan mungkin sambil belajar konsep MVC. Dan belum lama berselang, aku belajar Laravel. Lebih tepatnya mungkin nyoba(?). Karena gak jauh dari itu, akhirnya aku kerja.

Di tempat kerja, aku mendalami Laravel sedikit demi sedikit by case. Awalnya susah, tapi karena dapet bekal dari pas belajar PHP Native, hal-hal itu bikin lebih simpel dan gak sulit buat dipelajari.

Sebenarnya selama aku belajar PHP Native, aku belajar bahasa lain juga kayak Java, C++, C#, Javascript, dan Python. Karena di salah satu tugas kuliah waktu itu, aku inget banget ada yang gabisa aku bikin dengan PHP dan akhirnya pakai Python.

Bukan belajar yang sampai expert, karena yang paling banyak aku pelajari aja (PHP) masih berasa gak expert expert. Mungkin karena aku lebih suka nulis fiksi, bukan baris logika kodingan yang gak boleh kurang titik koma.

kucing malas
Photo by krakenimages on Unsplash

Intinya, Pernah Gak Merasa Ngoding itu Asik?

Gak setiap waktu, karena ngoding bisa jadi sangat ngebosenin. Tapi kalo kamu pernah merasa asik pas belajar ngoding, mungkin kamu bisa cocok untuk jadi tukang ngoding.

Kalau ngomong realita ya, semua pekerjaan pasti bakal menemukan rasa bosan pada akhirnya. Tapi kalo kamu bisa menemukan hal yang bikin asik, pasti kamu bisa melalui itu.

Sekali lagi, realita ya. Gak mungkin kamu gak pernah merasa bosan meskipun pekerjaanmu itu adalah hobi yang paling kamu sukai. Di titik tertentu, kamu juga bakal merasa terombang-ambing, ragu, dan bahkan bosen atau muak dengan pekerjaanmu.

Tapi kayaknya aku gabisa memastikan sih. Bisa aja ada orang yang selama bekerja emang gak merasa bosen, ragu, dll, kan? Meski kedengaran di telingaku kayak hal mustahil sih.

Udah lah ya …

Pilihan akhirnya tetap ada di kamu. Tapi aku saranin pikirin dulu yang bener dari pengalaman orang lain. Dari cerita orang lain. Dari keluh kesah orang lain. Dan dari realita yang bisa kamu liat sendiri.

Apakah kamu beneran mau jadi tukang ngoding?

Apakah kamu akan menikmati hidupmu jadi tukang ngoding?

Bukan sekadar, “GAJI TUKANG NGODING GEDE CUY!” Karena jawabannya masih “BELUM TENTU WOY!”

Oke, salam hangat, semoga bermanfaat,

Yayan Deka