Menulis di 9+ Aplikasi Ini, Dibayar?

September 02, 2021

Bagi kamu yang punya hobi menulis, bisa dijadikan sumber penghasilan yang lumayan, loh. Sekarang ini, penulis tidak harus menerbitkan buku secara konvensional--mengirim ke penerbit buku cetak. Di era yang serba digital, kamu juga bisa menerbitkan bukumu secara online. Biasa disebut e-book, webnovel, dan sebagainya. Kamu tinggal menulis di aplikasi 'mereka' dan jika memenuhi syarat, kamu akan dibayar.


Saya sendiri sudah pernah mencoba beberapa aplikasi. Meski tidak sampai mendapatkan penghasilan, sih. Karena memang tidak saya tekuni. Hanya penasaran saja. 


Namun kalau kamu memang mau tekun dan rutin menulis. Saya yakin, kamu pasti akan bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan. Malah bisa juga jadi fulltime work, loh. Langsung saja kita bahas apa saja aplikasi menulis yang bisa ngasih cuan.


$150 Per Bulan dari Dreame Hanya Dengan Rutin Menulis

landing-page-dreame
Landing Page Dreame

Dreame ini menyediakan cerita dari berbagai bahasa di seluruh dunia. Yang paling unik dan menarik adalah, kamu dibayar oleh Dreame hanya dengan rutin upload tulisanmu. Lebih tepatnya, kamu harus upload minimal 3000 kata per chapter dan hanya boleh absen/tidak upload 2 hari berturut-turut. Jika ada yang tidak terpenuhi, maka kamu gak akan dibayar.

Gak percaya? Nih kamu baca sendiri, ya, di screenshot di bawah ini. Atau kamu juga boleh ngecek sendiri langsung ke website aslinya: Dreame, Stary Writers 2021

Informasi Bonus Menulis Dreame
Informasi Bonus Menulis Dreame

Tunggu apa lagi? Daftar langsung sebelum eventnya habis!

Ngomong-ngomong, kamu punya peluang yang tinggi karena tulisan berbahasa Indonesia masih tergolong sedikti dibanding bahasa yang lain. Jadi, manfaatkan dengan baik, ya, kesempatan ini. 

Atau kamu masih belum percaya dengan iming-iming yang dikatakan oleh pemilik website Dreame? Kalau begitu, coba cari pengalaman orang yang pernah nulis di sini, ya. Atau kamu bisa DM ke penulis di cerita yang ada di aplikasi satu ini. 

Dengan begitu, kamu bisa memastikan apakah event nya benar-benar sungguhan atau tidak. Maaf karena saya belum bisa memberikan reiview dari sudut pandang saya. Karena saya sendiri belum pernah menulis di web satu ini dan malah baru tau saat menulis artikel ini.


Dibayar Per 1000 Views di Noveltoon

Nah, aplikasi satu ini dibayarnya berdasarkan dari banyak pembaca cerita kamu. Semakin banyak, tentu penghasilannya juga semakin besar. Selain itu, ada juga sistem leveling karya mulai dari level 3 sampai dengan level 10. 

Semakin tinggi levelmu, semakin besar pula bayarannya. Lalu, untuk level 8-10 ada juga bonus pendapatan sampai dengan Rp. 2 juta per bulan.

Mantap gak? Mantap banget dong.

landing-page-noveltoon
Landing page Noveltoon

DI Noveltoon ini. jenis tulisannya ada berupa cerita/novel biasa dan chat story. Kayaknya saya gak perlu jelasin perbedaan atau pengertian dari kedua jenis itu, deh. Kamu bisa langsung cek sendiri aja di aplikasi Noveltoon.

Aplikasinya bisa kamu download di playstore atau dengan mengunjungi website aslinya: Noveltoon: Baca Komik dan Novel Gratis

Oya, di Noveltoon ini juga sebenarnya bukan cuma cerita dalam tulisan, ada juga komiknya. Namun karena saya bahas tentang menulis, jadi saya cuma bilang karya versi text/tulisan saja ya.


Menulis Cerita Premium di Storial.co

Sudah kenal dengan Storial? Kamu bisa mengaksesnya menggunakan browser internet atau dengan aplikasi mobile. Untuk yang versi website, kurang lebih tampilannya seperti gambar berikut.

Landing page Storial.co
Landing page Storial.co


Kalau yang versi aplikasinya silahkan download di playstore saja, ya. 

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara menghasilkan uang melalui aplikasi storial? Apa yang harus dilakukan? Sabar, ini baru mau saya jelaskan.

Kalau berdasarkan pengetahuan saya, ada 2 cara untuk mendapat cuan di Storial. Pertama, tulis cerita premium. Kedua, ikutkan cerita yang kamu tulis dalam kompetisi di Storial. 

Sebenarnya selain dua cara tersebut, ada juga kemungkinan lain. Di Storial ada juga akun resmi dari para penerbit buku mayor di Indonesia. Jadi, jika ceritamu cukup populer, kamu bisa juga ditawari oleh para penerbit. Kalau bukumu sudah terbit di penerbit mayor, kamu tinggal tunggu aliran penghasilan dari penjualannya saja deh. Enak kan?

Oya, tentang pengalaman saya menulis di Storial. Itu adalah sewaktu saya mencoba mengikuti kompetisinya. Namun, karena kesibukan, saya belum bisa menyelesaikan tulisannya. Alhasil gak jadi ikut. Wkwkwk... 

Mohon maklum yak, soalnya saya juga pemula.


Kumpulkan Gift di Joylada, Tukar Jadi Uang

Tampilan Halaman Joylada
Tampilan Halaman Joylada

Kamu pernah liat orang live streaming dapat uang? Contohnya kayak di NimoTV? Nah, kalau di Joylada punya sistem yang sama dengan situs live streaming. Artinya, bayaran kamu berasal dari pembaca. 

Pembaca yang merasa puas dengan ceritamu bisa memberikan Gift/hadiah kepada kamu. Dan kamu juga bisa mengirimkan chat kepada si pemberi hadiah. 

Gift yang terkumpul, nantinya bisa kamu tukarkan menjadi uang tunai. Kurang lebih 200 poin setara dengan Rp 500. 

Pembayaran akan otomatis dilakukan setiap tanggal 15 jika poin GIft yang kamu kumpulkan sudah mencapai/setara dengan Rp 100 ribu. 

Triknya ya, kamu harus memberikan cerita yang bagus secara kualitas. Agar pembaca merasa puas dan mau menyumbangkan banyak uangnya kepada ceritamu. Kamu juga bisa menambahkan pesan seperti, donasi sekian untuk update lebih cepat/lebih panjang. 

Kalau kamu sudah punya beberapa cerita dan sudah cukup populer, saya yakin, pendapatanmu akan mulai kelihatan. Meski jika dibandingkan dengan aplikasi lain yang saya sebutkan di atas, memang tidak begitu populer sih sepertinya. Namun seiring berjalannya waktu, ada potensi juga aplikasi ini menjadi populer dan kamu sebagai penulis lama pasti akan lebih untung.

Yang tertarik langsung saja mendaftar di situs aslinya: Joylada, Nulis-Baca-Live atau dengan mengunduh aplikasinya di playstore. 


Garansi $200 per Bulan di Webnovel

Tampilan Halaman Webnovel
Tampilan Halaman Webnovel

Langsung download aplikasinya di playstore. Menulis secara rutin selama sebulan penuh dengan minimal 3000 kata per hari. Maka kamu akan langsung mendapatkan penawaran kontrak. 

Jika sudah dapat kontrak, kamu akan mendapatkan garansi penghasilan $200 per bulan.

Wow. Jumlah yang cukup menggiurkan, kan? Makanya, saya juga sebenarnya baru tau ini. Kenapa gak dari dulu saya upload cerita di situ aja ya? Wkwk... mulai sedikit menyesal.

Namun untuk sekarang, sepertinya saya memang tidak terlalu fokus di menulis. Karena pekerjaan saya beda. Jadi, ya, untuk kamu yang suka dan punya ambisi menjadi penulis, maka tidak ada salahnya sama sekali untuk mencoba menulis di berbagai platform yang berbeda.

Karena untuk menjadi penulis, kamu harus berlatih menulis setiap waktu. Semakin banyak latihan menulis, maka tulisanmu akan semakin baik pula. Jika tulisanmu makin baik, tentu akan makin banyak yang suka. 

Kalau sudah banyak penggemar, kamu menulis apa aja bisa jadi penghasilan yang luar biasa. Gak percaya? Tengok aja Raditya Dika. Hebat kan dia?

Daripada lama-lama, gas langsung download aja aplikasinya. Buka smartphone, download Webnovel, mendaftar, dan mulai menulis secara rutin.


Konsisten Menulis di Innovel, Dapatkan Uang Kemudian

Tampilan Aplikasi Innovel

Innovel ini ternyata hanya menyediakan 2 genre cerita saja, yaitu Adult dan Teenage. Kebanyakan sih genre seperti itu ceritanya tentang romance. 

Lalu bagaimana cara mendapatkan duit dari aplikasi ini? Menurut info yang saya peroleh, kamu bisa dapatkan penghasilan dengan beberapa cara.

Pertama, mendapat bayaran dari menulis cerita baru. Kedua, dibayar ketika ceritamu selesai. Ketiga, jika ceritamu diupdate terus-menerus. Keempat, kumpulkan penghasilan dari program baca berbayar. 


Apa saya punya pengalaman menulis di Innovel? Belum. Hanya saja, aplikasi ini termasuk populer di playstore. Telah didownload oleh lebih dari 5 juta pengguna dan mendapatkan penilaian 4.2 dari 5. Tentu saja nilai yang cukup baik, bukan?

Kalau penggunanya saja banyak, tentu kamu punya kesempatan agar ceritamu dibaca banyak orang. Langsung download saja aplikasinya di playstore, ya.


Goodnovel, Tulis Cerita Romance Terbaikmu dan Dapatkan Kontrak Setelah 5000 Kata

Tampilan Aplikasi Goodnovel
Tampilan Aplikasi Goodnovel

Goodnovel juga aplikasi yang cukup bagus dan ramai pengguna. Karena aplikasinya telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna dengan penilaian 4,6 dari 5. Lalu aplikasi ini juga menjadi #1 Top Grossing di Books and Reference loh. Mantap kan?

Tentang dari mana kamu akan mendapat penghasilan, seperti judul yang saya tulis, dapatkan dulu kontraknya. Sebenarnya saya kurang tau juga cara lainnya, tapi begitulah informasi yang saya temukan. Koreksi saja kalau saya salah, ya.

Kontrak di GoodNovel dibagi menjadi 2, yaitu kontrak eksklusif dan non-eksklusif. Maksudnya bagaimana?

Kontrak eksklusif itu berarti, cerita yang kamu tulis HANYA BOLEH diterbitkan di GoodNovel saja. Dalam arti lain, kamu DILARANG untuk mempublikasikan ceritanya di platform selain GoodNovel.

Sedangkan untuk kontrak non-eksklusif disesuaikan dengan kesepakatan. Sinyatnya fleksibel dan tidak terlalu mengikat seperti kontrak eksklusif. 

Untuk pembayarannya sendiri, kontrak eksklusif mendapatkan bayaran dari bonus penandatanganan, penyelesaian cerita, dan bonus dari update bulanan.

Kontrak non-eksklusif mendapat $50 ditambahkan dengan bagi hasil saat cerita kamu selesai (pertama kali) dengan minimal 80 ribu kata.


Menulis Dibayar per-1000 kata di WeRead

Tampilan Aplikasi WeRead
Tampilan Aplikasi WeRead

Kepopuleran aplikasi tidak jauh beda dengan Goodnovel. Benar, di playstore kisaran downloadnya sama, yaitu lebih dari 1 juta pengguna. Namun kalau ratingnya sendiri, lebih tinggi GoodNovel, karena WeRead hanya memperoleh penilaian 4,3 dari 5. 

Sebenarnya, dari membaca saja kamu juga bisa mendapatkan hadiah. Namun jika kamu menulis, penghasilan yang kamu dapat per-1000 kata didasarkan pada level karya kontrak dan rata-rata jumlah subscriber. Level karya dibagi menjadi B, A, S, dan S+. 

Penghasilan yang kamu dapat berkisar antara $2 - $4,5 per 1000 kata. Rentang ini diambil dari level karya kamu, ya. 

Oya, kalau kamu berhasil tanda tangan kontrak. Kamu akan mendapatkan penghasilan sebesar 50% dari total penghasilan yang diperoleh. Jadi, lumayan lah, ya. 


Ajukan Cerita Berbayar di Wattpad

Halaman Utama Wattpad
Halaman Utama Wattpad

Siapa sih yang gak tau Wattpad? Kalau kamu hobi membaca atau menulis, tentu tau lah ya dengan platform satu ini. Pasalnyamemang sudah sangat terkenal dengan begitu banyaknya pengguna sebagai buktinya.

Aplikasi Wattpad sendiri sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna di playstore, dengan 4 juta lebih reviews dan memperoleh rating 4,2 dari 5. Aplikasi yang sudah sangat luar biasa populer.

Dulu waktu jaman saya masih menulis di Wattpad, belum ada cerita berbayar. Jadi semuanya gratis. Paling hanya ada kompetisi-kompetisi atau memang ditawari oleh penerbit secara langsung. 

Namun sekarang, di Wattpad, kamu bisa mengajukan cerita berbayarmu sendiri yang bisa menjadi penghasilan untuk kamu. 

Wattpad sekarang telah menerapkan sistem Wattpad koin. Cerita yang terkunci (versi berbayar) memerlukan koin untuk membacanya. Dan penulis cerita tersebut akan mendapatkan penghasilan setiap kali ceritanya dibeli. 

Daripada membayangkan terus, langsung download saja aplikasinya di playstore atau dengan mengunjungi halaman websitenya di wattpad.com.


Masih Kurang? Nanti Akan Saya Update Secara Berkala Jika Ramai

a man with laptop
Photo by bruce mars on Unsplash

Untuk sekarang, segini dulu beberapa aplikasi menulis dibayar yang bisa saya jabarkan. Berhubung saya juga belum pernah mencoba semua aplikasinya, jadi silahkan buktikan sendiri ya. 

Semangat terus menulis. Karena menulis itu seperti mengasah pisau berkarat. Pisaunya adalah kita. Semakin sering menulis, semakin sering gerakan menggosok mata pisau, maka akan semakin terampil dan tajam kemampuan kita, seperti mata pisau yang semakin tajam.

Saya berdoa semoga teman-teman semua yang memiliki semangat dan keinginan untuk menjadi penulis, bisa mendapatkan kesuksesan. Jangan patah semangat untuk yang tulisannya masih ditolak oleh penerbit atau media. Jangan bosan-bosan untuk menulis lagi, kirimkan lagi. Perbaiki, kirimkan lagi. Dan seterusnya.

Intinya, teruslah menulis. Karena menulis adalah bekerja untuk keabadian.


Salam hangat,

Yayan Deka