[Contoh] 13+ Resensi Novel Populer - Download

Agustus 05, 2021

 Halo halo, kamu lagi nyari contoh resensi novel? Mau menulis resensi novel tapi bingung gimana caranya? Sebenernya apa sih resensi? Seberapa pentingnya resensi? Apa saja komponen dalam resensi? Ketimbang bingung, langsung aja yuk baca artikelnya sampai habis.

a child open a book
Photo by Ben White on Unsplash


Kenapa resensi penting?

Sebelum membahas lebih jauh, tau gak kenapa resensi itu penting untuk ditulis? 

Nah, loh. Belum tau kan? (Ya iyalah min, kan ini aja lagi nyari tau gimana cara nulis resensi yang baik) wkwk... Oke deh oke, saya kasih tau. 

Jadi, ada beberapa poin mengapa resensi itu penting ditulis. Atau mungkin lebih mudahnya bisa kita sebut sebagai tujuan ditulisnya resensi, ya.

  1. Memberi gambaran pembaca mengenai buku tertentu
  2. Mengetahui kelebihan/kekurangan dari buku yang diresensi
  3. Mengetahui kualitas dari buku mulai dari latar belakang ditulis, perbandingan dengan karya lain, dan tentang penulis
  4. Mengungkapkan kritik terhadap buku
  5. Mengajak pembaca untuk membaca buku yang diresensi

Nah, itu dia beberapa hal penting. Kalau kamu perhatian, dari ke-5 yang saya sebutkan bisa disimmpulkan apa saja bagian-bagian dari resensi. Atau istilahnya kerangka menulis resensi.

Unsur-unsur Resensi Buku

books
Photo by Jason Wong on Unsplash

Agar lebih memahami tentang resensi, berikut saya bahas sekalian mengenai unsur-unsur di dalam resensi. Untuk lebih jelasnya, saya buatkan dalam bentuk poin-poin penting berikut ini.

Judul Resensi

Judul resensi memangnya penting? Loh, ingat kembali tujuan menulis resensi yang saya sebutkan di atas. Judul adalah hal pertama yang akan dibaca oleh orang yang melihat resensi. Jadi, memberikan judul yang menarik akan sangat bagus agar pembaca tertarik.

Judul di sini bebas, artinya tidak harus kamu gunakan judul buku yang diresensi. Namun tidak menutup kemungkinan kamu juga menyelipkan judul asli dari buku ke dalam judul resensinya. 

Misal: Senam Jantung dengan "Harimau Harimau" (Harimau Harimau adalah karangan dari Mochtar Lubis)

Data Buku

Ini adalah sebuah keharusan, ya. Jadi, sebelum kamu menulis resensi, tulis lebih dulu data-data buku yang akan diresensi. 

Data yang ditulis apa saja?

Data-data yang dimaksud mulai dari:

  1. Judul Buku
  2. Pengarang/Penulis
  3. Penerbit
  4. Tahun Terbit dan Cetakannya
  5. Dimensi Buku (ukuran buku, kadang tidak dicantumkan, tidak masalah)
  6. Harga (ini juga sifatnya opsional, banyak yang tidak menuliskannya)
Data-data buku ini akan mempermudah pembaca untuk langsung, "Oh, buku ini." Jadi, ketika mulai membaca, dia sudah tau garis besar pembahasannya. Tentang buku yang ditulis pengarang A, yang diterbitkan penerbit B, dan seterusnya. 

Sinopsis Buku

Dengan menulis resensi, kita juga sekalian belajar menulis sinopsis dari buku. Karena sinopsis ini adalah bagian dari resensi. 

Sinopsis ini apa, sih?

Sinopsis adalah ringkasan dari buku yang akan kita resensi. Namun ringkasan ini bukanlah rangkuman penuh, ya. Jadi, tidak mengandung "spoiler" yang akan merusak kenikmatan pembaca saat membaca buku yang kita resensi. 

Kamu juga bisa memasukkan kutipan-kutipan unggulan yang ada di buku. Hal ini akan menambah ketertarikan pembaca terhadap buku.

Ulasan Buku


Ulasan bisa dimulai dengan menggambarkan unsur intrinsik buku. Lalu merembet ke latar belakang penulis, membandingkannya dengan buku serupa, bahasa yang digunakan, dan sebagainya.

Ulasan ini sifatnya untuk menunjukkan kepada pembaca tentang penilaian kamu terhadap buku dalam berbagai parameter yang saya sebut barusan.

Ulasan sebaiknya ditulis dengan jujur dan jangan dilebih-lebihkan. Namun usahakan untuk tidak menggunakan kata-kata sifat untuk menggambarkannya. Karena kata sifat sangat relatif nilainya terhadap orang lain, jadi gambarkan sejara jelas pandangan kamu terhadap buku.


Evaluasi


Sebenarnya sub-sub judul yang saya buat ini lebih kepada apa yang saya tau. Tidak benar-benar mengarah pada unsur yang sebenarnya. Hal ini saya lakukan agar lebih mudah dipahami tentang poin pentingnya saja dalam menulis resensi.

Sekali lagi saya ingatkan, tulisan di blog pengalamanulis ini bukan untuk dijadikan referensi utama. Melainkan saya gunakan untuk berbagi pengalaman saya dalam menulis. 

Oke, tentang evaluasi ini kita punya 2 bagian untuk ditulis di dalam resensi.

Pertama, kelebihan. Kedua, kekurangan. Benar, kita menuliskan kelebihan dan kekurangan di dalam buku yang kita resensi. Ini cara mudahnya bisa kita sebut kesimpulan. Apakah karya ini cocok untuk pembaca atau tidak. 


Contoh Resensi Novel Populer

woman finding some books to read
Photo by Radu Marcusu on Unsplash

Setelah semua hal di atas kamu tulis, resensi selesai. Saya telah menyiapkan beberapa contoh resensi dari karya-karya terkenal. Saya juga mendapatkan ini dari internet. Untuk memudahkan, saya tulis ulang dalam bentuk PDF yang bisa kamu unduh secara gratis.

  1. Resensi Novel 5 Cm - Dhonny Dhirgantoro (Download PDF)
  2. Resensi Novel Ayah - Andrea Hirata (Download PDF)
  3. Resensi Novel Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 - Pidi Baiq (Download PDF)
  4. Resensi Novel Koala Kumal - Raditya Dika (Download PDF)
  5. Resensi Novel Laskar Pelangi - Andrea Hirata (Download PDF)
  6. Resensi Novel London - Windry Ramadhina (Download PDF)
  7. Resensi Novel Negeri 5 Menara - Ahmad Fuadi (Download PDF)
  8. Resensi Novel Perahu Kertas - Dewi Lestari (Dee Lestari) (Download PDF)
  9. Resensi Novel Pudarnya Pesona Cleopatra - Habiburrahman El Shirazy (Download PDF)
  10. Resensi Novel Rindu - Tere Liye (Download PDF)
  11. Resensi Novel Sang Pemimpi - Andrea Hirata (Download PDF)
  12. Resensi Novel Surat Kecil Untuk Tuhan - Agnes Davonar (Download PDF)
  13. Resensi Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck - Buya Hamka (Download PDF)
  14. Next update...
  15. Next update...
  16. Next update...
Nah, silahkan bisa dipelajari dari beberapa contoh resensi di atas. Namun satu yang mau saya sampaikan, di contoh resensi tersebut belum ada judul resensi. Kadang resensi juga ditulis tanpa judul, jadi langsung menyebutkan data buku.

Ngomong-ngomong, daftar contoh resensi di atas akan saya update jika memang banyak peminatnya. Jadi, jangan lupa komentar dan kunjungi lagi post ini untuk mendapatkan update contoh resensi yang bisa kamu unduh secara gratis.

Untuk sekarang, sekian dulu dari saya. Semoga bermanfaat.

Salam,
Admin kyd.