Yuk, Tulis Novel Pertamamu

Mei 19, 2021

Gimana sih caranya nulis novel? Susah gak sih nulis novel pertama kali? Apa bisa saya nulis novel best seller? Saya kan masih pemula, pasti jelek. Jadi, gimana dong?

Oke, oke, stop terlalu banyak berpikir. Iya, sih emang untuk orang-orang seperti kita, berpikir adalah senjata utama. Tapi kebanyakan mikir, mau kapan actionnya? Nanti tau-tau waktu cepat berlalu. Kemudian ada banyak hal yang telah terlewat tanpa melakukan apa-apa yang selama ini dipikirkan. Saat itu datang, mungkin malah sudah terlambat. Terlambat untuk menyesal! Terlambat untuk melakukan berbagai hal. Oh, lupa, bukankah sudah dilakukan di dalam pikiran? 

Oke balik ke jalur. Jadi apa yang harus dilakukan kalau mau nulis novel?

menulis buku dengan pena
Menulis Buku


Pertama, tanamkan dulu hal ini di pikiranmu saat hendak menulis novel: "Tujuan menulis novel adalah selesai. Jangan berhenti sebelum selesai! Jangan keseringan dibaca ulang! Jangan kebanyakan mikir tulisannya jelek dan gak bakal ada yang mau baca!"

Berhenti melakukan hal-hal yang akan menghambat progres menulis kita. Emang apa aja yang bisa menghambat progres menulis? Ya itu tadi yang disebut dalam tanda kutip di atas. Kalau kegiatan keseharian, ya dilakukan seperti biasa saja. Jangan jadikan alasan. Kalau kita memang cuma sempat 5 menit sehari untuk menulis, ya gapapa. Yang penting tetap menulis dan berusaha untuk menuntaskan/menyelesaikan novel pertama kita.

Oya, saya pernah bahas juga secara terpisah menjadi 4 artikel bagaimana caranya menulis novel. Mulai dari persiapan awal, teknis, dan juga tips yang bisa dicoba agar kamu semangat menulis dan hasilnya lebih baik terus menerus. Coba cek 4 artikel saya sebelumnya, ya:

  1. Penting Sebelum Menulis Novel Pertamamu!
  2. Membuat Kerangka yang Mudah dan Tentunya Memudahkan Menulis
  3. 2 Sistem Menulis Novel yang Akan Memudahkanmu
  4. Mengakhiri Cerita (Menulis Ending Novelmu) dengan Apik
Nah, 4 artikel di atas bisa dibaca juga karena saya jelasinnya per atikel. Jadi lebih lengkap dan panjang. Semoga bisa bermanfaat.

Silahkan coba kebiasaan-kebiasaan ini selama menulis novel


Oya, kalau kita tetap ragu dan sangat sulit untuk bisa konsisten dan melanjutkan menulis novel pertama kita. Cobalah untuk menyukai menulis dulu. Coba untuk menyukai membaca dulu. Coba untuk menemukan kenikmatan dari kegiatan menulis. Coba untuk menciptakan tokoh yang kamu dambakan. Cobalah memanfaatkan alur yang rasional agar mudah diterima pembaca nantinya. Coba beberapa hal itu. 

membaca buku
Mari Belajar Suka Membaca Buku


Selain itu, kita bisa juga memanfaatkan platform seperti Wattpad, Novelme, atau Gramedia Writing Project (GWP) untuk menulis. Di dalam platform menulis seperti itu, kita akan punya kesempatan mendapatkan pembaca dan belajar apa yang kurang dari komentar orang terhadap karya kita. 

Untuk sekarang segitu dulu ya dari saya. Baca saja 4 artikel saya yang di atas itu. Dijamin meski sedikit, ada deh yang berguna. Soalnya itu berasarkan pengalaman saya sendiri.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa komentar untuk diskusi serta share ke teman-temanmu yang membutuhkan! 

Salam hangat,
Admin kyd.