SEMANGAT

September 16, 2019

sunrise

Aku sendiri penasaran. Selalu saja ... tiap kali pikiranku tidak karuan, aku malah menulis. Bagiku, menulis menjadi tempat curhat. Aku seorang penyendiri yang menyukai sepi. Sehingga kalu kau baca tulisanku, barangkali kau akan selalu bilang: "ini orang galau mulu kerjaannya."

Begitulah aku. Selamat datang di duniaku, tempat curhatku yang menyedihkan.

Namun sesekali aku juga menulis saat sedang semangat. Hasil tulisannya akan berupa fantasi yang menggila. Entah ada ayam raksasa atau dunia paralel yang berbeda dimensi atau parahnya pulau tersembunyi yang menyimpan banyak rahasia. Dan aku sangat menikmatinya, kadang membuatku senyum-senyum sendiri saat membaca ulang suatu saat kemudian.

Bagiku, semangat untuk dihemat. Jadi aku tidak mau terlalu semangat lalu hilang dalam satu atau dua hari. Dan tentu, bukan untuk diumbar karena aku bukan motivator atau orang yang berlebihan semangat. Sesekali hal-hal kecil bisa membuatku semangat. Atau memang malah hanya hal-hal kecil.

Kenapa hanya hal kecil? Kau tanya? Itu karena aku mencoba hidup biasa, meski banyak menyesal kenapa aku hidup biasa saja, dan untuk urusan-urusan besar, aku lebih banyak tidak percaya diri. Kau tahu, aku penyuka sepi.

Semangat yang aku punya seringkali hanya untuk sendiri. Karena aku pikir tidak cukup bagiku membagikannya atau barangkali hanya aku saja yang merasa bahwa semangatku bisa hilang seperti itu. Namun satu yang jelas aku pahami: kalau aku sudah membagikan semangatku, aku tidak lagi sendiri. Perangaiku bukan lagi milik sendiri dan aku malah terbebani. Aku pikir aku pernah bercerita tentang ini: biarlah aku sendiri, kalau tersakiti, setidaknya tidak ada orang lain yang ikut, karena hanya aku sendiri. Dan tentu, aku tidak perlu mendendam pada siapa-siapa, cukup pada diriku sendiri.

Jadi ... semangatlah. Setidaknya untuk dirimu sendiri!

Yayan Deka