RAMADHAN SATU 2019

Mei 06, 2019

mosque

Hari ini ramadhan pertama, datang dan aku memasukinya. Atmosfer berbagai hal berubah ... dan entah kenapa aku suka. Meski ramadhan pertama kali ini, seperti tahun lalu, aku tidak bisa kumpul bersama keluarga karena masih masa perkuliahan.

Satu ramadhan selalu penuh hiruk pikuk entah yang terlihat atau yang tak nampak. Barangkali memang banyak yang bersuka cita menyambutnya. Yang aku harap, suasana ini bertahan sampai kepergiannya nanti. Mungkin kalaupun tidak bertahan, sesungguhnya hanya karena perasaanku saja yang mulai merasa biasa. Aku tahu karena itu aku.

Aku mengatakan begitu seolah aku tahu sekali tentang diriku, tapi sungguh, semakin aku katakan memang seperti itulah aku, aku selalu ragu benarkah seperti ini diriku? Adakah engkau juga begitu? Perlukah aku melakukan konseling? Aku rasa tidak. Selama aku masih berpikir dan banyak jawaban yang menghanpiri, kenapa tidak aku coba saja dulu?

Sudahlah, kali ini aku sebentar saja. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Tetap beraktivitas, jaga semangat, dan terus berusaha memperbaiki diri. Salamku untuk keluarga.

Salam hangat,
Yayan Deka